“Tolong Timpuk Aku Pake Sapu”

Semalam aku mbantal 4 jam 20 menit.

Tau kan yang namanya “Break Time“?

Istirahat sejenak, melepaskan penat, lalu kembali meneruskan kegiatan yang sedang kamu kerjakan.

Nah, ambil contoh bekerja di kantor ataupun pabrik. Break identik dengan duduk duduk di kantin, ngemil kacang, makan, minum kopi dan ngobrol. Ada yang duduk-duduk saja di mobil, kaki naik ke dashboard, mendengarkan radio dan kebal kebul asap rokok :)

Contoh lain, para pelajar yang mengerjakan PR, break mereka identik dengan nonton TV, menelpon teman, tiduran, baca komik bahkan main game. Ada juga yang hebat, refreshingnya malah bersih bersih rumah, cuci piring, bahkan bikin Toilet mengkilap, kayak si Taz hahaha.

Fokus yang pengen aku tulis sekarang ini adalah buat mereka yang bekerja di komputer. Mulai dari pekerjaan kantor, mengerjakan PR, mengurus website, sampai menulis blog.

Break apa yang biasanya identik dengan mereka di dunia komputer? Tentu saja tetap kembali di depan komputer setelah mengambil secangkir kopi atau keluar merokok, yang kemudian browsing bebas atau sekedar chatting.

Dalam kontek “Break Time Yang Keterusan” itu sepertinya semua aktifitas online adalah biang nomer satu. Apalagi sekarang di dunia yang serba canggih, serba mobile, kamu bisa curi curi waktu buat ngintip Twitter dan Facebook mu lewat BB mu yang mini itu :)

YouTube, salah satu fenomena dimana orang bisa menghabiskan waktu berkali kali lipat dari yang direncanakan. Fitur related posts yang tidak ada habisnya, selain menyuguhi apa yang ada, mereka juga menginspirasikan kita buat memasukan keyword baru setiap menitnya. “Oh iya… video klip penyanyi A dari tahun 1994 masih ada gak ya?

Twitter udah semakin mirip tempat chattingan. Aku gak pernah bisa membayangkan spam rate yang harus mereka lihat setiap harinya, kalau following 500 orang itu seperti apa coba. Apalagi kalau salah satu dari mereka adalah tukang spamming. Bayangkan dalam semalam melihat “1000+ new tweets from your friends.” Ugh…

Facebook pikir sendiri. Mirip sama Twitter. “Duh laper gua…

Google tidak bisa dipungkiri juga tempat pembuangan waktu terbanyak para manusia komputer. Mereka yang bener bener kurang kerjaan atau pengen refreshing, sering sekali memasukan keyword aneh-aneh di search engine yang katanya terbaik didunia ini :)

Sebagai contoh, coba buka Google.com lalu masukan keyword ini… “BAGAIMANA” — dan lihatlah apa yang disarankan oleh mbah Google di drop-down menunya? (ketawa dulu ah).

Akibatnya, kita sering sekali terbawa bawa waktu dan “bentar lagi selesai!!” — sampai akhirnya semua pekerjaan jadi terbengkalai ketika kita sadar bahwa kita sudah membuang 2 jam berputar putar di YouTube untuk menyaksikan wawancara dari artis-artis favorit kita.

Terus gimana dong biar nggak sering kebablasan kalau sedang break?

Gimana ya… semua itu dari kedisiplinan kita sendiri. Kita yang harus mampu untuk berkonsentrasi kembali ke pekerjaan kita di saat kita mengambil break itu.

Gak kreatif banget ya jawaban ku? Ya sudah, aku kasih tips and tricks deh…

Titip Pesen Sama Nyokap
Bilang sama Mama, “Ma, 15 menit lagi tolong masuk kamar aku disuruh belajar lagi ya. Kalau aku masih mainan Facebook timpuk aja aku pake sapu.” — Kalau nggak tinggal serumah dengan orang tua, ya minta bantuin tetangga, walau mungkin yang mereka bawa bukan lagi sapu melainkan kondom pistol.

Pasang Jam Weker Diluar Ruangan
Nyalakan timer di luar ruangan, misal kamu rencana break 15 menit, maka 15 menit kemudian kamu mau tidak mau harus berdiri, berjalan untuk mematikan jam weker itu. Konsentrasi ke YouTube jadi hilang, dan SEMOGA, kamu bisa langsung menutup browser mu ketika kamu kembali menghadap komputermu.

Ini juga manjur buat mereka yang tidak bisa langsung bangun di pagi hari ketika jam weker mereka berbunyi :P

Padamkan!
Pasang timer buat mematikan komputer setelah waktu jatah break usai. Semoga waktu menyalakan komputer lagi, langsung balik ke kerjaan masing masing. Kalau perlu pasang timer buat mutusin listrik satu rumah sekalian, biar otaknya benar benar di refresh.

Rekam Suara Marah BOSS/Dosen Kamu
Ketika butuh motivasi untuk bekerja, dengarkan saja suara orang yang kamu paling segan, takut, benci ataupun yang kamu suka, ketika mereka marah. Bayangkan dari belakangmu tiba tiba suara Boss mu berteriak lantang “CEPAT DISELESAIKAN, DASAR KUTU BEKICOT, LAMBAT!” — Reaksi yang aneh pasti akan terjadi di dalam hatimu, dan pasti merasa termotivasi walaupun dari sisi negatif :)

Selesaikanlah!
Ini yang paling mudah sebetulnya, tetapi juga paling sulit. Belajarlah bertanggung jawab dengan tugas tugas yang menantimu. Kalau harus diselesaikan ya selesaikanlah. Jangan suka menunda nunda. Kena efek Parkinson nya Andaka kamu ntar :).

Ancaman hiburan online memang terlalu susah untuk ditolak. Lebih susah diatasi daripada TV, makanan dan rokok, baik dalam hal bentuknya maupun waktu yang terbuang percuma. Semoga tips tips aku diatas bisa membantu… (lol?)

Satu satunya yang bisa menandingi jumlah waktu yang terbuang karena Break Time yang keterusan adalah…. Ketiduran!

Di ujung akhir kata, memang kita harus mengakui kalau Bantal adalah sumber segala kemalasan, tetapi juga sumber inspirasi dalam waktu yang sama :)

Selamat menikmati akhir minggu. Tetap semangat ya!

Mau Baca Postingan Terbaru Lewat Email?

22 thoughts on ““Tolong Timpuk Aku Pake Sapu””

  1. sepertinya menggosok kloset lebih tepat disebut ‘pelampiasan stress’ daripada ‘refreshing’ ;D

    kebetulan sekarang daku kerjanya kantoran, jadi ada anjing galak yang ngejagain performa kerjaku di kantor, dulu sih waktu jamannya freelance bisa guling2an & jingkrak2 sesuka hati,tapi sekarang sudah enggak.

    di kantorku syusyah banget kalo mao represing, maen game ga boleh, tv kaga ada (ya jelas lah..), lemotnya internet bikin kita malas browsing, secara kita tu desainer tapi disamain sama karyawan lain yang kerjanya kantoran banget, tapi bagusnya kita2 jadi designer tahan banting… dan closet di rumah juga jadi kinclong hehehe :B

    1. Hmm… anggap saja begini: Melampiaskan stress adalah salah satu bentuk refreshing. Betul kan? Wahaha.

      Designer tahan banting itu bagus. Gak 100% bergantung kepada mood doang :)

  2. “Apalagi sekarang di dunia yang serba canggih, serba mobile, kamu bisa curi curi waktu buat ngintip Twitter dan Facebook mu lewat BB mu yang mini itu :)”
    JREBB!!! gyahahaha…

    yah.. dari sisi apapun, topik mu ini nancep banget le di aku.. soalnya aku tipe2 orang yang… “abis ini, break bentar 15 menit ah..” (15 menit berlalu….) “10 menit lagi ah…” ( 10 menit berlalu lagi…..) ” 10 menit lagi ah…” kalo di total waktu break ku jadi 35 menit.. hahahaha…
    kaco2.. sedang berusaha mendisiplinkan diri ini..
    yg paling susah sih kalo pas bangun pagi.. stel alarm jam 6, dimolor2in ampe stengah 8.. hahahhaa

    1. Hahaha, tipe orang korupsi ya bibitnya dari orang macam kamu kali ya? Wakakaka *ngabur*

      Aku lumayan strict kalau masalah break ditempat kerja. Gak tau ya, aku merasa gak enak aja kalau duduk break terlalu lama lama, walaupun sambil browsing2… :D

      Alarm jam 6 molor sampe 7.30? buset, kupikir adik ku yang molornya selalu 1 jam itu sudah kebangeten. Kamu 1.5 jam? D:

  3. sebenernya paling aman adalah, jangan melakukan sesuatu yang bersifat addictive kalo lagi break.

    dulu pas masih jaman sekolah/kuliah, kalo lagi belajar dan pengen break, saya cuma paling ngambil minum atau denger 1 lagu (pokoknya cuma boleh 1 lagu). yang anti adalah pas lagi break trus nonton tv karena kalo film di tv biasa kan panjang. nanti break nya bisa jadi gak kelar2…

    nah yang repot emang jaman sekarang dimana internet ini sangat addictive. ini masih jadi masalah juga buat saya sendiri. kalo lagi kerja, break nya blogwalking. yang ada keterusan bw gak balik2 kerja. huahahahaha. ya kayak sekarang ini… :P harusnya mesti memantepkan diri nih kalo lagi break, jangan main internet! internet itu berbahaya! hahaha.

    salam kenal ya!

    1. HAHAHA, daripada repot harus dicabutin terus ilalangnya, mending dicabut seakar akarnya ya? Wahaha.

      Tapi kalau kamu memang menyukai pekerjaanmu dan peduli, pasti ada sedikit colekan dari rasa tanggung jawab kalau mau break lama lama kok :D

      Kecuali kalo memang sedang sepi sepiiii…. ga ada kerjaan. Salam kenal juga pak! thanks sudah mampir :)

    1. Maksudnya sih cuman mbanyol aja, haha, berhubung aku sendiri juga bingung tips macam apa yang ampuh, selain kesadaran dari diri sendiri :)

  4. hmm… kayaknya klo aku sendiri…
    kebablasan browsing atau mencari2 seluk beluk google nga berawal dari break time… tapi gara2 kepagian dtg ke kantor…
    Kebetulannya aku IT Dept Staff hehe mau ga mau ada kompi terkoneksi dengan inet dengan kecepatan yang “so-so” lah…
    pagi2 buka mukabantal…
    cek email di yahoo atau email kantor pake incridimail…
    trus mulai buka kaskus…
    tak terasa tukang jajanan lewat… (biasanya jam 9.00, jualan roti, minuman seduh, dst..)
    sambil makan roti terus ku nikmati kebablasannya… wkwkwkwkwkkww… hingga jam pulank kantor… the end..
    wkwkwkwkwkw…

    lain halnya klo lg banyak program… ow ow ow.. meluangkan waktu buat makan siang aja nga sempat ^_^

    1. Jadi ceritane ni kowe dateng kantor, browsingan, sarapan, chattingan, makan siang, kebablasan, terus balek?

  5. hihi, aku juga sering begitu tuh. apalagi aku di rumah sendirian. nggak ada orang yg mengingatkan. tp kalau lagi dikejar deadline, mau nggak mau harus mengabaikan FB dan blogwalking (tapi masih sering curi2 kesempatan ding). dua itu benar2 menggoda deh!

    1. Godaan mengintip. Mungkin perlu dibuat kalau kamu buka facebook / blog sewaktu bekerja, langsung keyboard-mu nyetrum hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *